Langsung ke konten utama

Trip to Solo with Friends

Ahad, 3 Agustus 2014
Awalnya aku, dian, devi, si kembar, susi yang merencanakan planning perjalanan ke Solo ini, dan last yang ikut ke Solo berjumlah 12 orang. 12 orang pejuang itu, Aku, Dian, Devi, Susi, Yuli, Si Kembar Alin Afyt, Wulan, Mas Zam, Mas Aries, Mas Damar dan Mas Deny.
Perjalanan dimulai dari Rumah berkumpul di Rumah Devi.  Jam 04.30. Dan Kebiasaan orang Indonesia kumpul jadi molor. Jam 05.05 kita mulai berangkat menuju stasiun Tugu Yogyakarta. Selama perjalanan, kami semua ngebut karna kereta berangkat jam 05.30. pagi itu kami menggunakan kereta Sriwedari, yang mana kita bisa duduk sesuai tiketnya. Harga tiket Sriwedari Rp 10.000. Kita sampai stasiun Tugu jam 05.20 (yahhh masih ada waktulah sebelummm berngkt fiyuh). Narsis dulu lah di KA Sriwedari

Teng teng teng jam 05.30 tiba, saatnya kereta berangkat.
Dari Stasiun Tugu Yogyakarta menuju Stasiun Purwosari. Perjalanan melihat jendela masih gelap hingga terbitlah matahari dan langit menjadi cerah sesampai di Stasiun Purwosari Solo.

Jam menunjukkan jam 07.30. Karna mungkin pagi kita semua belum makan pagi mampir di Soto dekat Stasiun Purwosari. Perjalanan dilanjutkan melewati daerah2 gang sempit dan melewati rel kereta menuju Stadion Manahan.

Sampai Manahan banyak sekali riuh renda orang2 yang ramai memadati Stadion kebanggan Solo karna pagi itu ada macam “Sunmor” kalo di Jogja, betul2 ramelah hari itu, penuh sesak. Tujuan selanjutnya adalah naik bus Werkudoro (bus tingkat yang hanya ada di SOLO) segera kita jalan menuju Departmen Perhubungan yang tak jauh dari Manahan. Tiba di situ lantas kita masuk menanyakan tiket bus itu. Jeng jeng jeng habis sudah tiket hari itu, baik yang jam 09.00, 12.00, jam 15.00, ckckckc, ternyata sebelumnya kita harus memesan jauh2 hari dulu. Kita disana ketemu yang namanya Pak Buambangg (lebay amat yak) dia udah pesan sejak hari Kamis untuk keberangkatan hari Minggu ini melalui SMS. Jika kita mau naik bis tingkat ini kita merogoh kocek sebesar 20rbu itu udah keliling solo full selama 2 jam (apa gak manteb tuh kawan) atau kalo gak kita bisa charter itu bis seharga Rp 800.000 bebas untuk 1 bis. (lumayan ngiritlah), kecewa bangetlah tujuan pertama ke Bis Werkudoro, gagal, next time kali yah. Tapi gak terlalu kita foto2 di depan Bisnya (mayannn mengobati rasa sakit hati gak kesampaian naik Werkudoro, ceilehh). Terus balik lagi dah ke Manahan muterin Manahan mayann juga bikin kaki gempor, puas muterin Manahan, mau ke Paragon, kita charter angkot u/ ber12 seharga Rp 30.000 tujuan ke Paragon jauh juga dari Manahan ke Paragon. Solo Paragon Mall, ni mall keliatannya masih baru, karena belum semuanya kelar dibangun.nah kita disitu cuman nongkrong kagak jelas dahh, mpe satpam ngeliatin kita2 hahahaha
Next agenda place: pasar klewer, alun2 Solo, masjid agung, dan keraton Solo, ke 4 tempat ini 1 komplek jadi enak muterinnya, kita menuju pasar klewer harus jalan sekitaran 2-3 km menuju Jalan Slamet Riyadi u/ naik Trans Solo.
Sesampai di Jl. Slamet Riyadi naiklah Trans Solo dengan pengeluaran Rp 42.000 u/ 12 orang.
Sampailah kita di sekitaran Alun-alun Solo, berhubung dah mau adzan Dhuhur shalat dulu dah di Masjid Agung Solo, Terakhir kesini 4 taun lalu, dan datang kesini lagi, setelah aku amat-amati ternyata masjid Agung dimanapun baik Masjid Agung Jogja, Solo, Demak, Semarang, bentuknya tak jauh beda, mirip2 banget u/ letaknya. Ngadem dulu di Masjid Agung Solo, walaupun berkunjung ke wilayah orang jangan lupa shalat ya, guys. Wajib euy!!
Setelah bberapa waktu di Masjid mendekatkan diri kepada Yang Maha Agung, saatnya mendekatkan diri dengan masyarakat sekitar dengan cara shopping ke Pasar Klewer, okay, aku bareng beberapa teman ngubek-ngubek tuh pasar Klewer, the last, dapet 4 baju, dan sepasang baju , oleh-oleh buat yang dirumah. Setelah puas muterin Klewer.
It’s Time to Lunch,
Kita makan yang deket klewer aja, aku sih pesen Bakso plus es Jeruk yang lain ada yang pesen Rames, nasi goreng, abis makan bayar, wowww, kaget kita2.
Bakso Rp 10.000 di Jogja Rata2 Rp 7.000
Nasi Rames Rp 23.000 di Jogja Rata2 Rp 10.000
Nasi Goreng Rp 14.000 rata2 di Jogja Rp 9.000
Air Jeruk Rp 4.000 rata-rata di Jogja Rp 2.000-3.000
Yahh, rejeki yang jualanlah kita piker, jarang2 juga makan disitu.

Next, stasiun Solo Balapan
Kita carter angkot lagi mintanya Rp 50.000, kita tawar dah Rp 30.000, kagak boleh mintanya Rp 40,000, kita tawar Rp 35.000, akhirnya dapat juga tuh angkot, lumayan jauh juga dari Alun-alun sampe Stasiun Balapan sekitar 4 km, gak kira2 tuh sopir ngebut macam entahlahhh,, mpe puyeng ni kepala,
Sesampai di Stasiun Balapan inilah hal yang paling menakjubkan …
Kita masuk sekitaran pukul 14.00. Jadwal Kereta ke Yogyakarta ada Sriwedari jam 15.20 Madiun Jaya jam 16.20, Prameks jam 18.55
Dapat kabar kalo tiket kereta Sriwedari sudah habis maklumlah ini pas banget ama arus balik lebaran #tepukjidat , cari Madiun Jaya, jam 16,25 brangkat, harga tiket Rp 20.000 dan itupun harus berdiri, #yasalam Solo-Jogja berdiri masyaallah, kita mikir iya gak iya gak waktu itu masih ada tiket u/ ber 12 tapi kelamaan mikir 10 menit kemudian tiket tinggal 2, yah terpaksa ambil tiket Prameks yang jam 18.55 brangkat, joss,, bakalan lama nunggu dan stay stasiun lama banget jadi gembel disini hahahahha..

u/ ngisi waktu luang jam 14.00 – 19.00. beli makanan minuman dan kartu u/ main kartu supaya gak bosen. Beberapa waktu kemudian udah waktu Ashar (tak lupa salat Ashar di Stasiun) hmmmm yang mengilukan disini tempat sholatnya kecil banget Cuma muat u/ 4 orangan, hem next time perlu diperlebarlah tempat sholat di stasiun Balapan ni.
Tak terasa waktu jam 17.45 kereta 10 menit lagi datang, yang namanya Prameks itu bakalan rebutan u/ tempat duduk, datang 10 menit setelah kereta datang kursi dah bablas mungkin. Kalau nggak selonjoran dibawah bakalan berdiri yahh lumayan kalo missal berdiri.

Untung kita langsung pakai jurus 1000 langkah menuju gerbong supaya bisa dapet tempat duduk. Alhamdulillah. Yahhh akhirnya setelah lama menunggu di Stasiun balik Jogja juga. Shalat Maghrib dulu di Stasiun Balapan sambil nunggu kereta transit, yang shalat Cuma berempat, soalnya yang lain takut kalo ketinggalan, pikirku aku lebih takut kalo ketinggalan sholatt, hati gak tenang kalo blum sholat, dalam hati biarlah kalo ketinggal kereta gahhahaha,, tapi di tiket aja masih jam 18,55 berangkatnya, hmm untung gak ketinggalan. Yang lucu disini, kita dah koplak banget maen kartu di stasiun, paling kocak ramai, kereta prameks mau datang kita malah mau nyebrang lewat kerta api yang lagi transit. Habis sholat kita lari2, mpe securitynya ngomong kowe meneh kowe meneh hahahhaha,, duh muka tembok betul dahh,
Okay kereta gak brangkat tepat waktu kereta jalan jam 19.15 mpe Jogja jam 20.45, luar biasa lama solo-jogja.
Tips trip ke Solo:
*perhatikan jadwal kereta api, kalau bisa jangan pas arus balik Lebaran bakalan lebih ramai
*yang mau naik Werkudoro, pesen dulu jauh2 hari
*siapkan kamera, siapkan sandal jepit, makanan, minuman

Postingan populer dari blog ini

Khittah Palembang dan Ponorogo (Muhammadiyah)

Matan Khittah Palembang Muhammadiyah pertama kali memperkenalkan konsep khittah Khittah Palembang dirumuskan pada masa kepemimpinan A.R. (Ahmad Rasyid) Sutan Mansur tahun 1956 – 1959. Isi Matan Palembang  1.        1.  Menjiwai pribadi anggota dengan ibadah, iman, akhlak dan ilmu pengetahuan 2.        2.  Melaksanakan uswatun khasanah 3.        3.  Mengutuhkan organisasi dan merapikan administrasI 4.        4.  Memperbanyak dan mempertinggi mutu amaL 5.        5.  Mempertinggi mutu anggota dan membentuk kader 6.        6.  Mempererat ukhuwah islamiyah 7.        7.  Menuntun penghidupan anggota Matan Khittah Ponorogo Setelah dekade-dekade sebelumnya, 20-50 an masih mencari bentuk berbagai landasan ideologisnya, pada dekade 60-an tepatnya tahun1969 Muhammadiyah menghasilkan produk yang memuat tentang politik. Ya, dalam sidang Tanwir Muhammadiyah tahun 1969 di Ponorogo lahirlah Khittah Perjuangan Muhammadiyah tahun 1969 singkatnya disebut “Khittah Ponorogo”. Khittah ini la

Mengenal Lapping & Kitting

Perusahaan industri, jasa maupun dagang sebagai suatu pelaku ekonomi tidak bisa lepas dari kondisi globalisasi ekonomi dewasa ini. Era globalisasi akan mempertajam persaingan-persaingan diantara perusahaan, sehingga perlu pemikiran yang makin kritis atas pemanfaatan secara optimal penggunaan berbagai sumber dana dan sumber daya yang ada. Sebagai konsekuensi logis dari timbulnya persaingan yang semakin tajam, ada tiga kemungkinan yaitu mundur, bertahan atau tetap unggul dan bahkan semakin berkembang. Agar perusahaan dapat bertahan atau bahkan berkembang diperlukan upaya penyehatan dan penyempurnaan meliputi peningkatan produktivitas, efisiensi serta efektifitas pencapaian tujuan perusahaan. Menghadapi hal ini, berbagai kebijakan dan strategi terus diterapkan dan ditingkatkan. Kebijakan yang ditempuh manajemen antara lain meningkatkan pengawasan dalam perusahaan (internal control ).              Pentingnya mengembangkan program audit yang mencakup prosedur menyeluruh untuk mengaud

Lirik Lagu Terimakasih Ustadz

Alangkah indah masa kecilku Ngaji al Qur’an riang selalu Tiada hilang dari ingatan Sungguh indah berkesan Betapa mulya ustadz-ustadzku Tiada pernah engkau mengeluh terimaksih untuk ustadzku atas bimbinganmu Reff: Ya Allah dengar do’aku Lindungi ustadzku Terimalah jasa-jasaNya Ampuni Dosanya Lagu inilah yang dipakai di TPA kami untuk melakukan wisuda kelulusan santri-santri TPA Bila ingin meminta lagunya bisa meminta ke penulis. Salam, Intan