Langsung ke konten utama

APAKAH US GAAP ( STANDAR AKUNTANSI AMERIKA) TERBAIK DI DUNIA?

                  Upaya “harmonisasi” akuntansi di seluruh dunia sebenarnya dimulai sebelum Komite Standar Akuntansi Internasional (IASC) didirikan pada tahun 1973. Penggunaan antara 2 badan penyusun standar akuntansi dunia yaitu antara US GAAP ( General Accepted Accounting Principles) oleh FASB Amerika Serikat dan IFRS ( International Financial Reporting Standard ) oleh IASB Inggris semakin ketat. Namun, pada awal tahun 2008 dalam forum G-20 ditetapkan bahwa standar akuntansi seluruh dunia digunakan IFRS. Seluruh perusahaan yang masih menggunakan standar US GAAP diharapkan bisa konvergensi ke IFRS. Hal ini tentu menjadikan suatu perdebatan yang panjang, apakah keputusan yang diambil ini sudah keputusan yang bijaksana untuk pelaksanaan standar akuntansi di dunia? Apakah terbukti IFRS lebih baik dari US GAAP atau US GAAP masih merupakan yang terbaik di dunia?
            Laporan Keuangan dirancang untuk membantu para investor dalam menilai kinerja manajemen dan memperkirakan arus kas dan keuntungan di masa depan. Pengungkapan yang ekstensif memberikan informasi tambahan yang relevan untuk tujuan tersebut. IFRS juga ditunjukan pada penyajian wajar. IFRS ini dirasa relevan bagi perusahaan-perusahaan yang mengandalkan pasar modal internasional untuk memperoleh pendanaan. Setelah tahun 2005, seluruh perusahaan Eropa yang mencatatkan sahamnya akan menggunakan akuntansi penyajian wajar dalam laporan konsolidasinya karena mereka akan menggunakan IFRS.
            Tentu dalam hal membuat standar akuntansi di berbagai negara mempunyai latar belakang yang berbeda untuk menyusunnya. Terdapat berbagai faktor yang melatarbelakanginnya seperti lingkungan, budaya, ekonomi, dan politik yang berbeda sehingga menghasilkan sistem yang berbeda pula. Misalnya saja dalam beberapa waktu lalu sebelum konvergensi IFRS, di Jerman yang ketat dengan peraturan perpajakan yang menjadikan standar di Jerman menjadi terlalu konservatif dan terlalu banyak (income smoothing). Di negara Perancis bebas dalam memilih standar antara GAAP AS/ Prancis atau IFRS dibebaskan.
            Penerapan IFRS, dalam penyusunan laporan keuangan akan mencerminkan nilai sekarang (fair value) atau nilai pasar elemen/pos statemen keuangan dan dan informasi tersebut akan digunakan investor/kreditor ataupun pengguna lainnya sebagai pertimbangan pengambilan keputusan. Selain itu kualitas informasi pelaporan keuangan akan menjadi relevan/keberpautan karena menggambarkan keadaan sekarang dan informasi tersebut tidak bias terhadap keputusan yang diambil. Namun perlu diketahui bahwa nilai pasar ini, tidak menunjukkan karakteristik kualitas informasi yaitu keterandalan. Hal tersebut dikarenakan informasi laporan keuangan tersebut tidak dapat diuji kebenarannya serta tidak mencerminkan ketepatan penyimbolannya. Penilaian dengan menggunakan harga perolehan memiliki keandalan lebih tinggi karena nilai tersebut dapat dibuktikan berdasarkan dokumen transaksi dan dapat diverifikasi.
Karena dalam peraturan ketika penerapan US GAAP, pada contoh penilaian LOCOM (Lower of Cost or Market). Bagaimana kita memilih yang rendah antara Cost dengan Market. Ketika harga market lebih rendah maka yang dipilih adalah harga pasar, sedangkan ketika harga market lebih tinggi maka yang digunakan adalah harga cost. Hal ini menunjukkan bahwa dalam US GAAP mengandung nilai konservatisme. Sedangkan ketika penerapan IFRS yang digunakan adalah nilai fair value, sesuai harga wajar saat itu, maka baik harga itu tinggi ataupun rendah, fair valuenya lah yang digunakan. Jadi, dalam penerapan IFRS ini, terdapat adanya pengurangan derajat konservatisme. Selain itu, di IFRS menggunakan principle based yang hanya mengatur hal-hal yang pokok dalam standar sedangkan prosedur dan kebijakan detail diserahkan kepada pemakai sehingga hal ini tentu membuat perusahaan tidak harus mengikuti aturan mereka sendiri. Sedangkan, di US GAAP sudah dijelaskan secara detail bagaimana untuk melakukan penilaian dan pencatatan. Pengungkapan dalam IFRS pun mengharuskan lebih banyak pengungkapan laporan keuangan.
Maka, dari kesimpulan diatas ternyata masih banyak kekurangan dari IFRS dan standar yang lain. Jadi, menurut pendapat saya, US GAAP masih merupakan standar akuntansi terbaik di dunia dibandingkan dengan negara lain seperti Inggris, Jerman, Prancis, Japan, dan lain-lain. Walaupun untuk saat ini standar akuntansi yang digunakan adalah IFRS.

Daftar Pustaka:
v  Martani, Dwi, Veronica NPS, Sylvia, dkk. “Akuntansi Keuangan Menengah Berbasis PSAK”. Jakarta : Salemba Empat, 2012
v  Choi, Frederick D.S dan Meek, Gary K. “Akuntansi Internasional edisi ke-6”. Jakarta : Salemba Empat, 2010

v  Suwardjono. “Teori Akuntansi : Perekayasaan Laporan Keuangan edisi ke-3”. Yogyakarta : BPFE UGM, 2005

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Khittah Palembang dan Ponorogo (Muhammadiyah)

  Matan Khittah Palembang Muhammadiyah pertama kali memperkenalkan konsep khittah Khittah Palembang dirumuskan pada masa kepemimpinan A.R. (Ahmad Rasyid) Sutan Mansur tahun 1956 – 1959. Isi Matan Palembang  1.        1.  Menjiwai pribadi anggota dengan ibadah, iman, akhlak dan ilmu pengetahuan 2.        2.  Melaksanakan uswatun khasanah 3.        3.  Mengutuhkan organisasi dan merapikan administrasI 4.        4.  Memperbanyak dan mempertinggi mutu amaL 5.        5.  Mempertinggi mutu anggota dan membentuk kader 6.        6.  Mempererat ukhuwah islamiyah 7.        7.  Menuntun penghidupan anggota Matan Khittah Ponorogo Setelah dekade-dekade sebelumnya, 20-50 an masih mencari bentuk berbagai landasan ideologisnya, pada dekade 60-an tepatnya tahun1969 Muhammadiyah menghasilkan produk yang memuat tentang politik. Ya, dalam sidang Tanwir Muhammadiyah tahun 1969 di Ponorogo lahirlah Khittah Perjuangan Muhammadiyah tahun 1969 singkatnya disebut “Khittah Ponorogo”. Khittah ini la

Mengenal Lapping & Kitting

Perusahaan industri, jasa maupun dagang sebagai suatu pelaku ekonomi tidak bisa lepas dari kondisi globalisasi ekonomi dewasa ini. Era globalisasi akan mempertajam persaingan-persaingan diantara perusahaan, sehingga perlu pemikiran yang makin kritis atas pemanfaatan secara optimal penggunaan berbagai sumber dana dan sumber daya yang ada. Sebagai konsekuensi logis dari timbulnya persaingan yang semakin tajam, ada tiga kemungkinan yaitu mundur, bertahan atau tetap unggul dan bahkan semakin berkembang. Agar perusahaan dapat bertahan atau bahkan berkembang diperlukan upaya penyehatan dan penyempurnaan meliputi peningkatan produktivitas, efisiensi serta efektifitas pencapaian tujuan perusahaan. Menghadapi hal ini, berbagai kebijakan dan strategi terus diterapkan dan ditingkatkan. Kebijakan yang ditempuh manajemen antara lain meningkatkan pengawasan dalam perusahaan (internal control ).              Pentingnya mengembangkan program audit yang mencakup prosedur menyeluruh untuk mengaud

Lirik Lagu Terimakasih Ustadz

Alangkah indah masa kecilku Ngaji al Qur’an riang selalu Tiada hilang dari ingatan Sungguh indah berkesan Betapa mulya ustadz-ustadzku Tiada pernah engkau mengeluh terimaksih untuk ustadzku atas bimbinganmu Reff: Ya Allah dengar do’aku Lindungi ustadzku Terimalah jasa-jasaNya Ampuni Dosanya Lagu inilah yang dipakai di TPA kami untuk melakukan wisuda kelulusan santri-santri TPA Bila ingin meminta lagunya bisa meminta ke penulis. Salam, Intan