Langsung ke konten utama

Tipe-tipe client versi auditor dan solusi ngadepinnya

Assalamu alaikum kawan2,

Entah kenapa gw lagi random, pengen ngenang jaman jadi auditor eksternal.

Selama hampir 4 tahun kerja jadi auditor, tentu banyak banget ketemu sama yang namanya client (perusahaan), berbagai lini industri dan dengan berbagai latar belakang yg berbeda. Ini sekedar sharing cerita aja sih, supaya pada tau kalo misal ada yg mau jadi auditor ataupun udah jadi auditor dan mengalami hal yg sama.

Nah kali ini gw mau crita, tipe2 client yg udah gw temuin selama ini. Gw klasifikasiin jadi 4 tipe, gw mulai dari yg client yg enak ke yang paling gak enak versi gw.

a. Client yg pinter dan ngebantu
Nah kalo orang tipe ni gw suka ni, dia        bener2 paham sama perusahaannya dan ngebantu banget kalo kita butuh data2 yg dibutuhin selama audit, data cepet dan tahu yang kita minta. Biasanya orang ini : ex auditor ataupun accounting yg sudah sering diaudit jadi bisa cepet paham. Biasanya perusahaan juga udah prepare data sebelum auditor masuk ke lapangan. Ini tipe yg bisa ngebuat kerjaan kita jadi cepet kelar dan bisa rilis pada waktu.nya. 😀

Tips buat tipe a ini : kita kudu gali ilmu dari mereka, biasanya auditor bisa dapat ilmu banyak dari orang tipe ini. Bukan berarti kita nunjukin ketidak pintaran kita disini, tapi tetap kudu profesional yaaa.

Inget, Auditor itu belajar dari junior dulu baru bisa senior hingga bisa jadi partner, semua itu based on pengalaman yg mereka hadapi, case2 yg dihadapi, belum tentu tahun masuk sama, jago.nya juga sama, namun setiap masing2 auditor mempunyai ciri khas dan passion di bidangnya. Yang menjadikan ke-jagoan yg berbeda. Ini terjadi di angkatan gw, jadi bisa saling tanya, kalo misal ada yg udah pernah case duluan, bisa di sharing.in

b. Client yg pinter, tapi kurang ngebantu
Tipe ke 2 ni, orangnya pinter sih dan paham dengan kondisi perusahaannya, namun ketika ketemu ama kita entah kenapa, data kok lama banget dikasih, alasan mulu sana sini, yang ada auditor khan makin curiga yaa, apa dia mau nge-challenge auditornya pinter apa nggak, yg ada menurut gw yg ada bikin lama kita lama di lapangan dan audit gak kelar2. Please be calm with auditor. Auditor gak semenakutkan itu. Hmmm.

Tips buat tipe b kayak gini : kudu sabar nanggapin orang, dan kita kudu punya basic ilmu yg bisa buat hadapin pertanyaan2 dia, dan memang harus carmuk dulu, supaya dia gak ngeremehin kita. Biasanya : orang kyk gini yg kadang sentimen sama auditor padahal kadang mereka juga kadang pemula di audit.

Tapi sejauh ini, client yg kayak gini lama kelamaan juga bisa takluk kok kalo kita bisa buktiin ke mereka kinerja kita, dan kita kudu ngejelasin dengan hati2 toh kalo lama di audit juga nanti mereka juga repot, karena bakalan digangguin kita mulu, khan demi kebaikan kita bersama.

c. Client yg kurang pinter dan ngebantu
Nah kalo client ini, mereka dikatakan kurang pinter (bukan maksud ngejelekin) maksudnya orangnya kadang masih mikir kalo diajak discuss dan masih bingung ngehadapin yg namanya auditor kayak masih ngawang gitu, masih slow respon. Biasanya tipe ini : orang yg baru pertamakali di audit, yg bikin seneng mereka antusias dan kalo ada yg kurang follow up lagi kita.

Tips buat tipe c ini : kita kudu ngebimbing orang tipe ini supaya lebih familiar lagi sama kita, ngepahami mereka dengan bahasa yg mudah dan to the point apa yg kita butuhin dan gimana bentuknya, it's ok rada pr dikit tapi kedepannya bakalan lebih ngenakin kerjaan kita kedepannya, untungnya orang.nya juga nerimaan dari yg kita jelasin, sehingga walaupun kurang cepet. Kadang di tipe perusahaan kayak gini, kadang adjustment tergolong lebih banyak dibanding tipe a dan b.

d. Client yg kurang pinter dan gak ngebantu
Nah ini ni client tipe d. Hmmmmm, hela nafas panjang dulu, yaaakkk pasti udah kebayang khan gimana tipe ini. Pernah dapat ini tipe client kayak gini,

Bisa2nya dia masih bingung dan masih kurang jelas data yg kita minta, dan dia berusaha nggak nanya dan slow respond, auditor follow up mulu tapi nihil tanggapan, pengen ku marahhhhh, astagfir, yg ada cuma ngebatin sama staff dan manajer waktu itu,

Biasanya tipe ini: sama kyk tipe c masih pemula dan perusahaan yg baru banget diaudit, tapi orang tipe ini kadang acuh banget sama keberadaan kita auditor, kayak gak dilihat gitu jadi perpaduan antara tipe b dan c. Lagi2 cuma bisa bilang, be calm sir or madam, kita disini buat ngebantu kalian, please saling bantu aja #pikirdalamhati

Tips buat tipe ini : kudu ekstra sabar, kita kudu membimbing orang tipe ini dan ngasih tau apa yg kita butuhin, dan terus follow up gimana2 data yg kita butuhin, soalnya kalo kita gak follow up dan diem2 aje, yaa wasalam stgh tahun audit pun gak bakal kelar. Alhamdulillah, melalui.nya dan finally rilis.

Ok, cukup sekian kerandoman penulis kali ini. Intinye : dimanapun kapanpun kita bertemu dengan orang, pasti kita ketemu sama orang yg beda2 karakteristik, tentu kita bisa ngenilai ngelihat gimana karakter orang tersebut, harus gimana sih kita ngehadapinnya, tentu dengan treatment masing2 ya, biasa.nya kelihatan setelah 2 hari kalo versi aku. Baru dah kita bisa tindak lanjutin step kita.

Jadi auditor itu memang akan belajar terus menerus, pasti dengan case yg berbeda2, gak bakal sama, kalopun sama, yaaa kita udah tahu gimana solusi.nya, inget yaa jadi jago / ahli itu gak instan butuh proses panjang dan pengalaman yg berbeda2.

kalo anak akuntansi yg udah lulus dan pengen dapat ilmu banyak, menjelajah daerah dan berbagai bidang sekaligus dan tidak monoton, jadilah auditor eksternal sebelum mencoba masuk perusahaan 😎😎😎😎😎

Salam
Intan N. Wijaya ex-auditor


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Khittah Palembang dan Ponorogo (Muhammadiyah)

  Matan Khittah Palembang Muhammadiyah pertama kali memperkenalkan konsep khittah Khittah Palembang dirumuskan pada masa kepemimpinan A.R. (Ahmad Rasyid) Sutan Mansur tahun 1956 – 1959. Isi Matan Palembang  1.        1.  Menjiwai pribadi anggota dengan ibadah, iman, akhlak dan ilmu pengetahuan 2.        2.  Melaksanakan uswatun khasanah 3.        3.  Mengutuhkan organisasi dan merapikan administrasI 4.        4.  Memperbanyak dan mempertinggi mutu amaL 5.        5.  Mempertinggi mutu anggota dan membentuk kader 6.        6.  Mempererat ukhuwah islamiyah 7.        7.  Menuntun penghidupan anggota Matan Khittah Ponorogo Setelah dekade-dekade sebelumnya, 20-50 an masih mencari bentuk berbagai landasan ideologisnya, pada dekade 60-an tepatnya tahun1969 Muhammadiyah menghasilkan produk yang memuat tentang politik. Ya, dalam sidang Tanwir Muhammadiyah tahun 1969 di Ponorogo lahirlah Khittah Perjuangan Muhammadiyah tahun 1969 singkatnya disebut “Khittah Ponorogo”. Khittah ini la

Mengenal Lapping & Kitting

Perusahaan industri, jasa maupun dagang sebagai suatu pelaku ekonomi tidak bisa lepas dari kondisi globalisasi ekonomi dewasa ini. Era globalisasi akan mempertajam persaingan-persaingan diantara perusahaan, sehingga perlu pemikiran yang makin kritis atas pemanfaatan secara optimal penggunaan berbagai sumber dana dan sumber daya yang ada. Sebagai konsekuensi logis dari timbulnya persaingan yang semakin tajam, ada tiga kemungkinan yaitu mundur, bertahan atau tetap unggul dan bahkan semakin berkembang. Agar perusahaan dapat bertahan atau bahkan berkembang diperlukan upaya penyehatan dan penyempurnaan meliputi peningkatan produktivitas, efisiensi serta efektifitas pencapaian tujuan perusahaan. Menghadapi hal ini, berbagai kebijakan dan strategi terus diterapkan dan ditingkatkan. Kebijakan yang ditempuh manajemen antara lain meningkatkan pengawasan dalam perusahaan (internal control ).              Pentingnya mengembangkan program audit yang mencakup prosedur menyeluruh untuk mengaud

Lirik Lagu Terimakasih Ustadz

Alangkah indah masa kecilku Ngaji al Qur’an riang selalu Tiada hilang dari ingatan Sungguh indah berkesan Betapa mulya ustadz-ustadzku Tiada pernah engkau mengeluh terimaksih untuk ustadzku atas bimbinganmu Reff: Ya Allah dengar do’aku Lindungi ustadzku Terimalah jasa-jasaNya Ampuni Dosanya Lagu inilah yang dipakai di TPA kami untuk melakukan wisuda kelulusan santri-santri TPA Bila ingin meminta lagunya bisa meminta ke penulis. Salam, Intan